Jurnal Refleksi Seminar PPG - Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran
Nama Mata kuliah |
Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran |
Review
pengalaman belajar. |
Berdasarkan
pengalaman belajar mata kuliah Teknologi baru dalam pengajaran dan
pembelajaran selama satu semester kemarin, tentu banyak pengetahuan baru dan keterampilan baru yang saya dapatkan.
Selain dari teori-teori yang membahas teknologi dalam pembelajaran, saya
memperoleh keterampilan baru dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi,
baik itu untuk penggunaan pribadi maupun untuk diimplementasikan di dalam
sebuah pembelajaran. Secara garis besar, saya mempelajari teknologi ini dimulai dari sejarah
perkembangannya, hingga teknologi ini akhirnya menjadi suatu hal yang tidak
dapat dipisahkan dari proses pembelajaran yang mengintegrasikan media
pembelajaran di dalamnya. Dalam perkuliahan ini pun membahas bagaimana kita
sebagai pengguna teknologi menjadi pengguna yang bijak dan dapat mengajarkan
kembali kebijakan ini pada peserta didik kelak, dimana teknologi dpat
diibaratkan menjadi sebuah pisau bermata dua, akan berbahaya jika kita tidak
pandai menggunakannya. Karena dalam pendidikanpun ketidakbijakan seseorang
dalam menggunakan teknologi bisa terjadi, contohnya plagiat yang melanggar
hak cipta. Materi yang paling membuat saya berkesan dari sekian banyak materi
yang dibahas adalah penggunaan media teknologi sebagai media pembelajaran.
Kami dipaksa untuk dapat membuat sebuah media pembeajaran yang diawalnya
memang memberatkan, tapi setelah berhasil menyelesaikan media tersebut, saya
pribadi menjadi bangga karena bisa memiliki keterampilan yang belum pernah
saya coba selama ini. Proses
mempelajari materi-materi pada mata kuliah ini sangat menyenangkan, terlebih dosen dan teman-teman yang bersedia
berbagi pengetahuan dan keterampilannya dalam menggunakan teknologi. Setelah
mengikuti perkuliahan ini, saya dapat merasakan langsung keterampilan saya
dalam menggunakan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran meningkat,
walaupun hanya mengoperasikan aplikasi canva dan aplikasi edit video, tapi
saya sangat bersyukur mndapatkan pengalaman belajar ini. |
Refleksi
pengalaman belajar yang dipilih |
Pada
mata kuliah Teknologi baru dalam pengajaran dan
pembelajaran ini terdapat satu topik yang paling bermakna bagi diri saya
pribadi, yakni topik tujuh mengenai Meningkatkan pembelajaran dengan multimedia. Pada topik ini banyak dijelaskan ilmu baru terkait penggunaan berbagai multimedia
dalam pembelajaran, yang selanjutnya mendorong pada digunakannya sebagai
pendekatan pembelajaran inovatif yang mampu menampung berbagai gaya belajar
peserta didik. Dalam hal itu, ada beberapa pertanyaan yang hendak saya jawab untuk
menjelaskan mengapa materi pada topik tujuh ini menjadi topik yang paling
bermakna bagi diri saya, yaitu: 1.
Mengapa
topik-topik tersebut penting dipelajari? Pada saat ini perkembangan zaman sudah
semakin pesat dan teknologi sudah menjadi bagian di dalamnya. Kemampuan
peserta didik dalam memiliki dan menggunakan perangkat teknologi saat ini
bukanlah hal yang aneh dan merupakan hal yang sangat wajar. Dengan
perkembangan ini, seorang guru seyogyanya tidak menutup diri dari canggihnya
teknologi, pesatnya perkembangan zaman, dan keterampilan peserta didik yang ahli
dalam menggunakan teknologi, namun guru dapat melihatnya sebagai suatu
peluang untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan
mengikuti perkembangan zaman. Kembali pada materi perkulihan Filosofi
pendidikan nasional, bahwa seorang guru layaknya mempersiapkan peserta didik
untuk dapat hidup di zamannya, dan zamannya peserta didik saat ini adalah
canggihnya teknologi. Berdasarkan hal tersebut, materi pada topik
tujuh ini sangat menunjang kebutuhan saya sebagai seorang guru dalam
mempelajari berbagai multimedia yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran,
bagaimana cara menggunakan keterampilan teknologi ini bersama peserta didik
di kelas dan bagaimana menciptakan media pembelajaran berbasis teknologi
untuk menciptakan lingkungan belajar yang dibutuhkan peserta didik. 2.
Bagaimana
saya mempelajari topik-topik yang ada pada mata kuliah tersebut? Dalam mempelajari materi-materi
pada mata kuliah Filosofi Pendidikan Nasional ini, kami dibentuk kedalam
beberapa kelompok belajar heterogen dan membahas satu materi yang termuat
dalam modul perkuliahan, mempresentasikan hasil diskusi
kelompok di depan kelas, dan melakukan diskusi aktif dengan teman-teman
lainnya. Pada akhir perkuliahan ini, kami belajar membuat media
pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan teori yang telah kami pelajari
bersama. Selain proses pembelajaran yang
dilaksanakan secara tatap muka tersebut, kami pun melakukan proses
pembelajaran secara daring menggunakan platform LMS dengan alur MERDEKA.
Adapun penjelasan dari setiap alurnya adalah sebagai berikut: Mulai dari
diri, pada tahap ini saya menjawab
beberapa pertanyaan reflektif mengenai pengalaman saat saya
belajar dengan multimedia dibandingkan dengan belajar tanpa media. Saya
menjelaskan bahwa Pembelajaran menggunakan media pembelajaran lebih menarik, karena
ada hal lain yang dapat kita amati, dengarkan dengan antusias. Eksplorasi
konsep, pada tahap ini saya mencermati teks bacaan yang disajikan
dengan penuh ketelitian. Teks yang disajikan antara lain multimedia pembelajaran, peningkatan kualitas pembelajaran dengan
multimedia, meningkatkan pembelajaran menggunakan media audio,video, teks,
dan visual. Selain mencermati teks, saya diberikan kesempatakan untuk
bertanya ataupun mengemukakan pendapat saya terkait materi pada fitur your
notes and questions. Pada pembelajaran tatap muka, materi ini disampaikan oleh salah satu kelompok presentasi dan dikuatkan
oleh dosen. Ruang
kolaborasi, pada tahap ini disajikan beberapa pertanyaan pemantik terkait keuntungan dan kelemahan dari setiap media, dan bagaimana cara
mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran. Kami melakukan diskusi terbuka
melalui laman yang disediakan pada LMS. Demonstrasi
kontekstual, pada tahap ini disajikan beberapa video Youtube yang harus
diamati bersama sebagai bentuk pelatihan meningkatkan literasi visual.
Setelah itu saya mengerjakan quis dan mendapatkan skor 8,68 dari 10. Tahap
ini sangat menyenangkan karena pengerjaan quis dilakukan menggunakan aplikasi/teknologi.
Elaborasi
pemahaman, pada tahap ini saya mencoba menyampaikan ulasan manfaat
multimedia dalam pembelajaran, dimana berdasarkan
keuntungan yang dimiliki dari setiap media pembelajaran, kita dapat melihat
manfaat media tersebut bagi proses pembelajaran. dimana dengan menggunakan
multimedia yang bervariasi peserta didik dapat mengakses informasi terkini
dengan mudah, pembelajaran tidak hanya berpusat pada buku cetak, mendukung
peserta didik untuk belajar bahasa asing, dan pembelajaran menjadi
menyenangkan. sebagai guru yang akan memfasilitasi proses pembelajaran
peserta didik menggunakan multimedia akan mendapatkan manfaat seperti waktu
pembelajaran lebih efisien, tenaga dalam mengelola kelas dapat distabilkan,
hingga guru dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas terhadap peserta
didik. Koneksi antar
materi, pada tahap ini saya diminta menjelaskan perbedaan pembelajaran
abad 21 dan sebelum abad 20 dalam bentuk tabel. Namun dapat saya sampaikan
bahwa perbedaannya terletak pada ketersediaan media pembelajaran yang
digunakan, antara media konvensional dengan berbasis teknologi. Aksi nyata,
pada tahap ini saya mencoba membuat beberapa media pembelajaran
berbasis audio, video, teks atau visual pada materi disampaikan di kelas PPL.
Dalam hal ini saya membuat media pembelajaran interaktif berupa website
pembelajaran dari Canva, Articulate storyline3, dan google sites. 3.
Apakah
strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut
penting bagi saya? Bagi saya strategi yang
diimplementasikan dalam mempelajari topik perkuliahan ini sangat penting bagi
saya, dimana bukan hanya sekedar mempelajari materi dari buku
saja, namun mencoba mempraktikkan bagaimana menggunakan dan membuat media
pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga pembelajaran ini dapat saya maknai
dengan mendalam. |
Analisis
artefak pembelajaran |
Berikut
merupakan beberapa visual artefak pembelajaran yang mendukung hasil refleksi
pengalaman belajar topik tujuh Meningkatkan pembelajaran dengan
multimedia: Aksi nyata Pada tahap ini saya mendesain beberapa media pembelajaran interaktif
berbasis teknologi berupa website pembelajaran dari aplikasi Canva,
Articulate storyline3, dan google sites. Diharapkan media pembelajaran ini
dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. 1.
Website Canva Link: https://bit.ly/3XVYosx 2.
Articulate
storyline 3 Link: http://bit.ly/3wrgdUH 3.
Google site Link: http://bit.ly/3HrSEBj |
Pembelajaran
bermakna (good practices) |
Setelah
melakukan refleksi pada pengalaman belajar mata kuliah Teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran, saya mendapatkan
keterampilan baru terkait penggunaan teknologi. Pelajaran
yang paling bermakna salah satunya adalah saya belajar
mengoperasikan berbagai aplikasi pembelajaran, mempelajari macam-macam
teknologi yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran, dan belajar membuat
media pembelajaran berbasis teknologi. Dengan
materi ini saya siap untuk mengintegrasikan teknologi, media dan strategi dalam
pembelajaran, mempraktikkan rancangan
pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi di sekolah ketika praktik
pembelajaran (PPL), mempraktikkan media pembelajaran
berbasis teknologi di sekolah, mempraktikkan strategi pembelajaran
yang memanfaatkan perangkat digital di sekolah, dan tidak
malu untuk bertanya dan belajar kepada orang-orang yang memiliki pengetahuan
dan keterampilan dalam bidang teknologi. |
0 Response to "Jurnal Refleksi Seminar PPG - Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran"
Posting Komentar