Jurnal Refleksi Seminar PPG - Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran

 

Nama Mata kuliah

Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran

Review pengalaman belajar.

Berdasarkan pengalaman belajar mata kuliah Teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran selama satu semester kemarin, tentu banyak pengetahuan baru dan keterampilan baru yang saya dapatkan. Selain dari teori-teori yang membahas teknologi dalam pembelajaran, saya memperoleh keterampilan baru dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi, baik itu untuk penggunaan pribadi maupun untuk diimplementasikan di dalam sebuah pembelajaran.

Secara garis besar, saya mempelajari teknologi ini dimulai dari sejarah perkembangannya, hingga teknologi ini akhirnya menjadi suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran yang mengintegrasikan media pembelajaran di dalamnya. Dalam perkuliahan ini pun membahas bagaimana kita sebagai pengguna teknologi menjadi pengguna yang bijak dan dapat mengajarkan kembali kebijakan ini pada peserta didik kelak, dimana teknologi dpat diibaratkan menjadi sebuah pisau bermata dua, akan berbahaya jika kita tidak pandai menggunakannya. Karena dalam pendidikanpun ketidakbijakan seseorang dalam menggunakan teknologi bisa terjadi, contohnya plagiat yang melanggar hak cipta. Materi yang paling membuat saya berkesan dari sekian banyak materi yang dibahas adalah penggunaan media teknologi sebagai media pembelajaran. Kami dipaksa untuk dapat membuat sebuah media pembeajaran yang diawalnya memang memberatkan, tapi setelah berhasil menyelesaikan media tersebut, saya pribadi menjadi bangga karena bisa memiliki keterampilan yang belum pernah saya coba selama ini.

Proses mempelajari materi-materi pada mata kuliah ini sangat menyenangkan, terlebih dosen dan teman-teman yang bersedia berbagi pengetahuan dan keterampilannya dalam menggunakan teknologi. Setelah mengikuti perkuliahan ini, saya dapat merasakan langsung keterampilan saya dalam menggunakan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran meningkat, walaupun hanya mengoperasikan aplikasi canva dan aplikasi edit video, tapi saya sangat bersyukur mndapatkan pengalaman belajar ini.

Refleksi pengalaman belajar yang dipilih

Pada mata kuliah Teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran ini terdapat satu topik yang paling bermakna bagi diri saya pribadi, yakni topik tujuh mengenai Meningkatkan pembelajaran dengan multimedia.

Pada topik ini banyak dijelaskan ilmu baru terkait penggunaan berbagai multimedia dalam pembelajaran, yang selanjutnya mendorong pada digunakannya sebagai pendekatan pembelajaran inovatif yang mampu menampung berbagai gaya belajar peserta didik.

Dalam hal itu, ada beberapa pertanyaan yang hendak saya jawab untuk menjelaskan mengapa materi pada topik tujuh ini menjadi topik yang paling bermakna bagi diri saya, yaitu:

1.    Mengapa topik-topik tersebut penting dipelajari?

Pada saat ini perkembangan zaman sudah semakin pesat dan teknologi sudah menjadi bagian di dalamnya. Kemampuan peserta didik dalam memiliki dan menggunakan perangkat teknologi saat ini bukanlah hal yang aneh dan merupakan hal yang sangat wajar. Dengan perkembangan ini, seorang guru seyogyanya tidak menutup diri dari canggihnya teknologi, pesatnya perkembangan zaman, dan keterampilan peserta didik yang ahli dalam menggunakan teknologi, namun guru dapat melihatnya sebagai suatu peluang untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan mengikuti perkembangan zaman. Kembali pada materi perkulihan Filosofi pendidikan nasional, bahwa seorang guru layaknya mempersiapkan peserta didik untuk dapat hidup di zamannya, dan zamannya peserta didik saat ini adalah canggihnya teknologi.

Berdasarkan hal tersebut, materi pada topik tujuh ini sangat menunjang kebutuhan saya sebagai seorang guru dalam mempelajari berbagai multimedia yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran, bagaimana cara menggunakan keterampilan teknologi ini bersama peserta didik di kelas dan bagaimana menciptakan media pembelajaran berbasis teknologi untuk menciptakan lingkungan belajar yang dibutuhkan peserta didik.

2.      Bagaimana saya mempelajari topik-topik yang ada pada mata kuliah tersebut?

Dalam mempelajari materi-materi pada mata kuliah Filosofi Pendidikan Nasional ini, kami dibentuk kedalam beberapa kelompok belajar heterogen dan membahas satu materi yang termuat dalam modul perkuliahan, mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas, dan melakukan diskusi aktif dengan teman-teman lainnya. Pada akhir perkuliahan ini, kami belajar membuat media pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan teori yang telah kami pelajari bersama.

Selain proses pembelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka tersebut, kami pun melakukan proses pembelajaran secara daring menggunakan platform LMS dengan alur MERDEKA. Adapun penjelasan dari setiap alurnya adalah sebagai berikut:

Mulai dari diri, pada tahap ini saya menjawab beberapa pertanyaan reflektif mengenai pengalaman saat saya belajar dengan multimedia dibandingkan dengan belajar tanpa media. Saya menjelaskan bahwa Pembelajaran menggunakan media pembelajaran lebih menarik, karena ada hal lain yang dapat kita amati, dengarkan dengan antusias.

Eksplorasi konsep, pada tahap ini saya mencermati teks bacaan yang disajikan dengan penuh ketelitian. Teks yang disajikan antara lain multimedia pembelajaran, peningkatan kualitas pembelajaran dengan multimedia, meningkatkan pembelajaran menggunakan media audio,video, teks, dan visual. Selain mencermati teks, saya diberikan kesempatakan untuk bertanya ataupun mengemukakan pendapat saya terkait materi pada fitur your notes and questions. Pada pembelajaran tatap muka, materi ini disampaikan oleh salah satu kelompok presentasi dan dikuatkan oleh dosen.

Ruang kolaborasi, pada tahap ini disajikan beberapa pertanyaan pemantik terkait keuntungan dan kelemahan dari setiap media, dan bagaimana cara mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran. Kami melakukan diskusi terbuka melalui laman yang disediakan pada LMS.

Demonstrasi kontekstual, pada tahap ini disajikan beberapa video Youtube yang harus diamati bersama sebagai bentuk pelatihan meningkatkan literasi visual. Setelah itu saya mengerjakan quis dan mendapatkan skor 8,68 dari 10. Tahap ini sangat menyenangkan karena pengerjaan quis dilakukan menggunakan aplikasi/teknologi.

Elaborasi pemahaman, pada tahap ini saya mencoba menyampaikan ulasan manfaat multimedia dalam pembelajaran, dimana berdasarkan keuntungan yang dimiliki dari setiap media pembelajaran, kita dapat melihat manfaat media tersebut bagi proses pembelajaran. dimana dengan menggunakan multimedia yang bervariasi peserta didik dapat mengakses informasi terkini dengan mudah, pembelajaran tidak hanya berpusat pada buku cetak, mendukung peserta didik untuk belajar bahasa asing, dan pembelajaran menjadi menyenangkan. sebagai guru yang akan memfasilitasi proses pembelajaran peserta didik menggunakan multimedia akan mendapatkan manfaat seperti waktu pembelajaran lebih efisien, tenaga dalam mengelola kelas dapat distabilkan, hingga guru dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas terhadap peserta didik.

Koneksi antar materi, pada tahap ini saya diminta menjelaskan perbedaan pembelajaran abad 21 dan sebelum abad 20 dalam bentuk tabel. Namun dapat saya sampaikan bahwa perbedaannya terletak pada ketersediaan media pembelajaran yang digunakan, antara media konvensional dengan berbasis teknologi.

Aksi nyata, pada tahap ini saya mencoba membuat beberapa media pembelajaran berbasis audio, video, teks atau visual pada materi disampaikan di kelas PPL. Dalam hal ini saya membuat media pembelajaran interaktif berupa website pembelajaran dari Canva, Articulate storyline3, dan google sites.

3.      Apakah strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut penting bagi saya?

Bagi saya strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik perkuliahan ini sangat penting bagi saya, dimana bukan hanya sekedar mempelajari materi dari buku saja, namun mencoba mempraktikkan bagaimana menggunakan dan membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga pembelajaran ini dapat saya maknai dengan mendalam.

Analisis artefak pembelajaran

Berikut merupakan beberapa visual artefak pembelajaran yang mendukung hasil refleksi pengalaman belajar topik tujuh Meningkatkan pembelajaran dengan multimedia:

Aksi nyata

Pada tahap ini saya mendesain beberapa media pembelajaran interaktif berbasis teknologi berupa website pembelajaran dari aplikasi Canva, Articulate storyline3, dan google sites. Diharapkan media pembelajaran ini dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran.

1.      Website Canva

Link: https://bit.ly/3XVYosx

2.      Articulate storyline 3

Link: http://bit.ly/3wrgdUH

3.      Google site

Link: http://bit.ly/3HrSEBj

Pembelajaran bermakna (good practices)

Setelah melakukan refleksi pada pengalaman belajar mata kuliah Teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran, saya mendapatkan keterampilan baru terkait penggunaan teknologi. Pelajaran yang paling bermakna salah satunya adalah saya belajar mengoperasikan berbagai aplikasi pembelajaran, mempelajari macam-macam teknologi yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran, dan belajar membuat media pembelajaran berbasis teknologi.

Dengan materi ini saya  siap untuk mengintegrasikan teknologi, media dan strategi dalam pembelajaran, mempraktikkan rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi di sekolah ketika praktik pembelajaran (PPL), mempraktikkan media pembelajaran berbasis teknologi di sekolah, mempraktikkan strategi pembelajaran yang memanfaatkan perangkat digital di sekolah, dan tidak malu untuk bertanya dan belajar kepada orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknologi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurnal Refleksi Seminar PPG - Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran"

Posting Komentar