Artefak Pembelajaran_PPL I_Perangkat pembelajaran_Praktik Mengajar Terbimbing Siklus 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN 054 Tikukur
Kelas/Semester : III/I
Tema :
4 (Kewajiban dan Hakku)
Sub Tema : 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah)
Pembelajaran : 1
Muatan Pembelajaran : SBdP, Bahasa Indonesia & Matematika
Alokasi waktu : 4 x 35 menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya, serta cinta
tanah air.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara
mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya d i
rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menunjukkan
keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan
kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap
perkembangannya.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar |
Indikator Pencapain
Kompetensi |
SBdP |
|
3.2 Mengetahui bentuk
dan variasi pola irama dalam lagu |
3.2.1 Membandingkan
variasi cepat, lambat, dan sedang pola irama dalam lagu. C4 |
4.2 Menampilkan bentuk dan
variasi irama melalui lagu |
4.2.1 Mempraktekkan variasi cepat, lambat, dan sedang pola irama melalui lagu. P3 |
Bahasa Indonesia |
|
3.10.1 Membuat
kalimat saran dalam teks tulis. C6 |
|
4.10.1
Menunjukkan kalimat saran sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata
baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri. P3 |
|
Matematika |
|
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau
hasil bagi dua bilangan cacah |
3.3.1
Membuktikan suatu bilangan sebagai jumlah dua bilangan cacah. C5 |
4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah,
selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah |
4.3.1
Menentukan suatu bilangan dinyatakan sebagai jumlah dua bilangan cacah. P5 |
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
pengamatan, peserta didik mampu membandingkan (C4) variasi
cepat, lambat, dan sedang pola irama dalam lagu dengan tepat.
2. Melalui unjuk kerja, peserta didik mampu
mempraktekkan (P3) variasi cepat, lambat, dan sedang pola
irama melalui lagu dengan tepat.
3. Dengan mencermati teks bacaan, peserta
didik mampu membuat (C6) kalimat
saran dalam teks tulis dengan tepat.
4. Melalui demonstrasi, peserta didik mampu
menunjukkan (P3) kalimat
saran sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat
efektif yang dibuat sendiri dengan tepat.
5. Dengan mencermati teks bacaan, peserta
didik mampu membuktikan (C5) suatu
bilangan sebagai jumlah dua bilangan cacah dengan tepat.
6. Melalui unjuk kerja, peserta didik mampu
menentukan (P5) suatu
bilangan dinyatakan sebagai jumlah dua bilangan cacah dengan tepat.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Variasi
pola irama dalam lagu “Jika Ibuku Tua Nanti” (Terlampir).
2.
Kalimat
saran dalam teks tulis (Terlampir).
3.
Pembuktian
suatu bilangan sebagai jumlah dua bilangan cacah (Terlampir).
E.
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintific Learning
Model
Pembelajaran : Cooperative
Learning tipe Make a Match
Metode : Mengamati
video, mencermati teks bacaan, penugasan, diskusi, dan unjuk kerja
F.
Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1.
Power
Point Presentation, LKPD dan Video “Jika Ibuku Tua
Nanti”.
2.
Kartu
permainan, papan tulis, spidol, proyektor, laptop, dan buku ajar.
G.
Sumber Belajar
Muhibba, I, dkk. (2018). Kewajiban dan Hakku:buku guru/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Muhibba, I, dkk. (2018). Kewajiban dan Hakku:buku siswa/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Link video: https://www.youtube.com/watch?v=NzDbzc3pVO4 Diakses pada 08 November 2022.
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1.
Guru membuka proses pembelajaran dengan memeriksa kehadiran, mengecek
kelengkapan belajar, posisi dan tempat duduk peserta didik. (-Disiplin) 2. Ketua kelas
memimpin berdoa bersama (Membaca Al-Fatihah, do’a sebelum
belajar & Asmaul Husna). (-Religiusitas) Apersepsi 3. Guru mengulas
kembali pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
materi pelajaran sebelumnya. (-Mengomunikasikan) 4. Peserta didik mengacungkan tangannya untuk menjawab
pertanyaan guru. (– Communication, -Percaya diri) 5. Peserta didik menjawab pertanyaan guru secara
bergantian setelah dipersilahkan guru. (– Communication, -Percaya
diri) Penyampaian
tujuan dan motivasi Peserta didik 6. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan
menyampaikan tujuan pembelajaran, yakni membedakan variasi pola irama, membuat
kalimat saran untuk melakukan kewajiban, dan menentukan dua bilangan cacah
sebagai hasil jumlah. (-Mengamati, -Disiplin) 7. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk
terlibat aktif mengikuti pembelajaran dengan kata-kata mutiara tentang
keutamaan mencari ilmu. (-Mengamati, -Disiplin) |
30 menit |
Inti |
Mengorganisasikan Peserta
didik untuk siap belajar 8. Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa
kelompok. (-Disiplin, -Mandiri) 9. Peserta didik diminta mengamati video terkait
pola irama “Jika Ibuku Tua Nanti”. (-Mengamati, -Critical
thinking) 10. Peserta didik diminta menyanyikan lagu dengan
variasi pola irama yang berbeda yaitu cepat, lambat, dan sedang. (-Mencoba,
-Collaboration) 11. Peserta didik diminta membandingkan cepat, lambat,
dan sedang variasi pola irama dalam lagu. (-Menalar, -Critical
Thinking) 12. Guru melakukan tanya jawab bersama peserta didik
terkait variasi pola irama yang tepat untuk menyanyikan lagu tersebut. (–Menanya,
–Communication) 13. Guru melakukan tanya jawab terkait makna lagu
yang ditampilkan. (–Menanya, –Communication) 14. Peserta didik mencermati penjelasan guru terkait hak
dan kewajiban. (– Mengamati) 15. Guru melakukan tanya jawab bersama peserta didik
terkait saran yang dapat diberikan untuk melakukan kewajiban. (–Menanya, –Communication) Tahap 1. Guru menyiapkan kartu yang berisi persoalan-permasalahan dan kartu yang berisi jawabannya. 16. Guru membagikan LKPD pada setiap kelompok. (-Disiplin) 17. Peserta didik mencermati teks bacaan dalam LKPD. (-Mengamati,
-Mengumpulkan informasi, -Collaboration, -Disiplin, -Tanggung jawab) 18. Peserta didik mengamati penjelasan prosedur
pembelajaran dengan permainan Make a Match oleh guru. (-Disiplin) 19. Kelompok belajar Peserta didik diminta maju ke
depan kelas (per 2 kelompok). (-Mandiri) 20. Peserta didik menerima kartu permainan terkait
materi. (-Disiplin) Tahap
2. Setiap Peserta didik mencari dan mendapatkan sebuah kartu soal dan
berusaha menjawabnya, setiap Peserta didik mencari
kartu jawaban yang
cocok dengan persoalannya. 21. Peserta didik melakukan permainan sesuai prosedur
yang disampaikan guru. (-Mencoba, – Collaboration, -Jujur). Tahap 3. Peserta didik yang benar mendapat nilai-reward, kartu
dikumpul lagi dan
dikocok. 22. Guru meluruskan dan menguatkan hasil kerja
kelompok yang telah bermain. (-Mengamati,
-Disiplin) Tahap 4. Babak berikutnya pembelajaran seperti babak
pertama. 23. Kelompok belajar peserta didik bergantian
melakukan permainan. (-Mencoba, – Collaboration,
-Jujur) Membimbing kegiatan
belajar kelompok 24. Peserta didik membuat kalimat saran sesuai petunjuk
dalam LKPD. (-Menalar, -Creative, -Tanggung jawab) 25. Peserta didik mencermati teks bacaan singkat terkait
menentukan bilangan sebagai hasil jumlah. (-Mengamati, -Mengumpulkan informasi,
-Collaboration, -Disiplin, -Tanggung jawab) 26. Peserta didik membuktikan suatu bilangan sebagai
jumlah dari dua bilangan cacah. (-Menalar, -Creative) 27. Ketua kelompok memastikan bahwa setiap anggota
memiliki tugasnya masing-masing. (– Collaboration) 28. Peserta didik diminta mempresentasikan hasil kerja
kelompoknya di depan kelas. (– Communication) 29. Peserta didik diberikan penilaian pada hasil kerja
setiap kelompok. (-Menghargai prestasi) |
90 menit |
Penutup |
Tahap 5. Penyimpulan. 30. Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
yang telah dipelajari. (-Critical Thinking,-Communication, -Percaya
diri, -Demokratis) Tahap 6. Evaluasi. 31. Peserta didik mengerjakan lembar evaluasi. (-Menalar,
Critical thinking, -Jujur) 32. Guru memberikan penilaian. (-Menghargai
prestasi) Pemberian penghargaan
kelompok Tahap 7. Refleksi.
33. Peserta didik dan kelompok diberikan apresiasi
berupa pujian atau tepuk tangan yang berani menjawab pertanyaan guru, berani
maju ke depan kelas dan/atau berani bertanya kepada guru. (-Menghargai
prestasi) 34. Guru meminta peserta didik melakukan refleksi
kesimpulan kegiatan hari ini dengan menganalisis kelebihan dan kekurangan
pembelajaran. (-Critical Thinking,-Communication, -Percaya
diri, -Demokratis) 35. Bersama-sama dengan peserta didik memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. (-Critical
Thinking,-Communication, -Percaya diri, -Demokratis) 36. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya. (-Disiplin) 37. Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam. (-Religius) |
20 menit |
I.
Penilaian
No |
Aspek
Penilaian |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Waktu |
1 |
Sikap (Afektif) |
Observasi |
Lembar observasi |
Saat pembelajaran
berlangsung |
2 |
Pengetahuan
(Knowledge) |
Tertulis |
Esai |
Setelah pembelajaran
usai |
3 |
Keterampilan
(Psikomotor) |
Unjuk kerja |
Rubrik penilaian |
Setelah pembelajaran
usai |
J.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Remedian
Peserta didik yang belum menguasai
materi pada pembelajaran 1 ini diberi bimbingan dan latihan soal kembali.
Diharapkan peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan. Soal latihan
yang diberikan memiliki esensi yang sama dengan soal sebelumnya.
Soal Remedial
1).
Mengulas
kembali materi terkait video dan teks bacaan Kewajiban dan Hakku.
2).
Menjawab
soal-soal latihan yang berkaitan dengan materi pelajaran.
2.
Pengayaan
Pengayaan dilakukan untuk peserta
didik yang sudah menguasai materi pada pembelajaran 1. Soal-soal yang diberikan
merupakan latihan soal yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
1).
Meminta
Peserta didik menuliskan pengalaman mendapatkan hak.
|
Bandung, 10
November 2022 |
|
Guru Pamong |
|
Mahasiswa
PPG |
Cicih Sukarsih, S.Pd NIP. 197206082014102001 |
|
Sri Wasilah, S.Pd NIP. - |
Mengetahui, Kepala SDN
054 Tikukur |
||
|
|
|
Sri
Winggowati, M.Pd |
||
NIP.
197203112008012007 |
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1 Materi
Ajar
Bahasa
Indonesia (Kalimat Saran)
Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat saran merupakan kalimat usulan, hingga
anjuran yang disampaikan kepada orang lain untuk dijadikan bahan pertimbangan.
Kalimat saran
biasanya menggunakan kata seperti usahakan, hendaknya, saran saya, dan lainnya.
Matematika (Menentukan Sebuah Bilangan Sebagai Hasil Penjumlahan)
Kita dapat menyatakan suatu bilangan sebagai hasil penjumlahan,
hasil pengurangan, hasil perkalian, atau hasil pembagian dari dua bilangan cacah.
Untuk mempermudah pengerjaan, gunakan lawan dari operasi hitung yang kita tentukan.
Lawan dari operasi hitung penjumlahan
adalah operasi hitung pengurangan. Lawan dari operasi hitung perkalian adalah
operasi hitung pembagian.
Menentukan Sebuah Bilangan Sebagai Hasil Penjumlahan
Diketahui Langkah-langkahnya :
• Pilihlah sebuah bilangan yang lebih kecil dari bilangan yang
diketahui.
• Kurangilah bilangan yang diketahui dengan bilangan yang telah
kitapilih.
Contoh : p + q = 280, Tentukan nilai p dan q!
Penyelesaian : Bilangan yang diketahui = 280.
• Pilih bilangan yang lebih kecil dari 280, misal p = 150.
• p = 150 q = 280, 280 - p = 280 - 150 = 130. Jadi, nilai p = 150
dan q = 130, sehingga 150 + 130 = 280.
SBdP (Variasi
pola irama)
Tempo adalah cepat atau lambat seseorang dalam bernyanyi. Secara
umum, tempo dalam lagu dibedakan menjadi tiga yaitu, tempo cepat, tempo sedang,
dan tempo lambat. Lagu yang bertempo lambat dipakai untuk menyanyikan lagu
bersifst syahdu atau sedih. Lagu yang bertempo sedang memiliki sifat gembira
dan megah. Dan lagu yang bertempo cepat biasanya dinyanyikan dengan kesan
bersemangat.
Lampiran 2
Media Pembelajaran
Video
Link : https://www.youtube.com/watch?v=NzDbzc3pVO4
Diunduh : Selasa, 08/11/2022. Pukul 21.00
Power Point
Presentation
Link : https://drive.google.com/file/d/1PfAC_ZF2G5LPo8vh_JAblZb8dZaiavZZ/view?usp=share_link
Lampiran 3
penilaian
1. Penilaian
Sikap
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS PESERTA DIDIK
Hari/Tanggal :
Kelas :
No |
Nama Peserta
didik |
Aspek yang
dinilai |
Jumlah
Skor |
Tafsiran |
|||||||||
Partisipasi |
Tanggungjawab |
B |
C |
K |
|||||||||
3 |
2 |
1 |
0 |
3 |
2 |
1 |
0 |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Persentase |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Deskriptor:
1).
Partisipasi
a)
Mampu
memberikan pendapat, pertanyaan, dan komentar selama pembelajaran
b)
Memberikan
tanggapan terhadap jawaban atau penjelasan dari temannya.
c)
Terlibat
langsung dalam kegiatan kelompok
2).
Aspek tanggungjawab
a)
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
b)
Mengerjakan
tugas sesuai waktu yang telah ditentukan
c)
Mentaati
peraturan yang telah ditetapkan.
Keterangan:
Diisi dengan memberi tanda ceklis
(√) untuk
Poin 3 = Apabila tiga indikator dilaksanakan
Poin 2 = Hanya dua indikator yang
dilaksanakan
Poin 1 = Hanya satu indikator yang
dilaksanakan
Poin 0 = Tidak ada satu pun
indikator yang dilaksanakan
Kriteria Nilai:
Baik (B) = Apabila jumlah skor
perolehan antara 5 – 6
Cukup (C) = Apabila jumlah skor
perolehan antara 3 – 4
Kurang (K) = Apabila jumlah skor
perolehan antara 0 – 2
Persentase Penilaian:
πππππ π΄πβππ = π πππ π¦πππ ππππππππβ / π πππ πππππ × 100%
Skor ideal = 6
2. Penilaian Kognitif
Penilaian Kognitif dilakukan melalui tes tertulis berupa soal.
Berikut untuk soal evaluasi yang digunakan untuk mengukur hasil belajar Peserta
didik.
a.
Membandingkan
variasi pola irama dalam lagu.
b.
Membuat
kalimat saran.
c.
Membuktikan
suatu bilangan sebagai jumlah dua bilangan cacah.
Kisi-kisi Soal Evaluasi
Bentuk soal :
Esai
Jumlah soal :
5 soal
Skor/Soal : 20
Nilai maksimal : 100
Skor nilai :
πΊπππ ππππ π
ππππππππ / nilai ππππππππ × πππ
No |
Kompetensi
Dasar |
Materi |
Indikator
Soal |
Nomor Soal |
Skor |
Bentuk
Soal |
1 |
3.2 Mengetahui bentuk
dan variasi pola irama dalam lagu. |
Variasi pola irama. |
3.2.1 Membandingkan
variasi cepat, lambat, dan sedang pola irama dalam lagu. C4 |
1 dan 2 |
20 |
Esai |
2 |
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian
masalah (sederhana) dalam teks tulis |
Kalimat
saran. |
3.10.1 Membuat kalimat saran dalam teks tulis. C6 |
3 dan 4 |
20 |
Esai |
3 |
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau
hasil bagi dua bilangan cacah |
Pembuktian suatu
bilangan sebagai jumlah dua bilangan cacah. |
3.3.1 Membuktikan suatu bilangan sebagai jumlah dua bilangan cacah. C5 |
5 |
20 |
Esai |
Soal Evaluasi
Kerjakan soal-soal di bawah ini
sesuai pemahamanmu sendiri !
1) Dalam menyanyikan lagu “Jika Ibuku Tua Nanti”, tempo yang digunakan
adalah...
2) Dalam menyanyikan lagu yang
memiliki kesan bersemangat, tempo yang digunakan adalah..
3) “Sayangilah ayah ibumu!”,
merupakan kalimat ...
4) Buatlah satu contoh kalimat saran
dalam melaksanakan kewajiban di rumah !
5) Andi ingin memiliki 12 pensil
warna, kemarin dia sudah membeli 8 pensil, lalu berapakah pensil yang harus
dibeli Andi sekarang?
Kunci Jawaban :
1) Tempo sedang.
2) Tempo cepat.
3) Kalimat saran.
4) Jawaban tergantung penilaian guru
berdasarkan jawaban yang dibuat peserta didik.
5) 12 - 8 = 4, 8 + 4 = 12, Maka 4 pensil warna.
LEMBAR
PENILAIAN EVALUASI
No |
Nama Peserta
didik |
Jumlah
Skor |
Nilai
Akhir |
|
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
Persentase |
|
|
|
3. Penilaian Keterampilan
Evaluasi Ranah
Psikomotor
Bentuk Penilaian : Rubrik Penilaian
No |
Nama Peserta
didik |
Penguasaan
Lagu |
Jumlah
Skor |
Nilai
Akhir |
|||
Skor |
|||||||
4 |
3 |
2 |
1 |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
Persentase |
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman penskoran:
Berikan tanda (√ ) pada kolom skor.
Keterangan Rubrik:
4 = Jika Peserta didik hafal semuan
syair, melafalkan syair dengan tepat, irama tepat.
3 = jika 2 indikator terpenuhi
2 = jika 1 indikator terpenuhi
1 = jika Peserta didik belum mau
menyanyi
Nilai Akhir = πΊπππ ππππ π ππππππππ / ππππ ππππππππ (4) × ππ
0 Response to "Artefak Pembelajaran_PPL I_Perangkat pembelajaran_Praktik Mengajar Terbimbing Siklus 1"
Posting Komentar