Artefak Pembelajaran_PPL I_Perangkat pembelajaran_Praktik Mengajar Terbimbing Siklus 1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : SDN 054 Tikukur

Kelas/Semester           : III/I

Tema                           : 4 (Kewajiban dan Hakku)

Sub Tema                    : 1 (Kewajiban dan Hakku di Rumah)

Pembelajaran               : 1

Muatan Pembelajaran             : SBdP, Bahasa Indonesia & Matematika

Alokasi waktu             : 4 x 35 menit

A.  Kompetensi Inti

KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang  dianutnya.

KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya, serta cinta tanah air.

KI 3   : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya d i rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  : Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

 

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapain Kompetensi

SBdP

3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu

3.2.1 Membandingkan variasi cepat, lambat, dan sedang pola irama dalam lagu. C4

4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu

4.2.1 Mempraktekkan variasi cepat, lambat, dan sedang pola irama melalui lagu. P3

Bahasa Indonesia

3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis

3.10.1 Membuat kalimat saran dalam teks tulis. C6

 

4.10 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri

4.10.1 Menunjukkan kalimat saran sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri. P3

Matematika

3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah

3.3.1 Membuktikan suatu bilangan sebagai jumlah dua bilangan cacah. C5

4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah

4.3.1 Menentukan suatu bilangan dinyatakan sebagai jumlah dua bilangan cacah. P5

 

C.  Tujuan Pembelajaran

1.    Melalui pengamatan, peserta didik mampu membandingkan (C4) variasi cepat, lambat, dan sedang pola irama dalam lagu dengan tepat.

2.    Melalui unjuk kerja, peserta didik mampu mempraktekkan (P3) variasi cepat, lambat, dan sedang pola irama melalui lagu dengan tepat.

3.    Dengan mencermati teks bacaan, peserta didik mampu membuat (C6) kalimat saran dalam teks tulis dengan tepat.

4.    Melalui demonstrasi, peserta didik mampu menunjukkan (P3) kalimat saran sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri dengan tepat.

5.    Dengan mencermati teks bacaan, peserta didik mampu membuktikan (C5) suatu bilangan sebagai jumlah dua bilangan cacah dengan tepat.

6.    Melalui unjuk kerja, peserta didik mampu menentukan (P5) suatu bilangan dinyatakan sebagai jumlah dua bilangan cacah dengan tepat.

 

D.  Materi Pembelajaran

1.      Variasi pola irama dalam lagu “Jika Ibuku Tua Nanti” (Terlampir).

2.      Kalimat saran dalam teks tulis (Terlampir).

3.      Pembuktian suatu bilangan sebagai jumlah dua bilangan cacah (Terlampir).

 

E.  Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran

Pendekatan                         : Saintific Learning

Model Pembelajaran           : Cooperative Learning tipe Make a Match

Metode                               : Mengamati video, mencermati teks bacaan, penugasan, diskusi, dan unjuk kerja

 

F.   Media, Alat dan Bahan Pembelajaran

1.    Power Point Presentation, LKPD dan Video “Jika Ibuku Tua Nanti”.

2.    Kartu permainan, papan tulis, spidol, proyektor, laptop, dan buku ajar.

 

G.  Sumber Belajar

Muhibba, I, dkk. (2018). Kewajiban dan Hakku:buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Muhibba, I, dkk. (2018). Kewajiban dan Hakku:buku siswa/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Link video: https://www.youtube.com/watch?v=NzDbzc3pVO4 Diakses pada 08 November 2022.

H.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan

Langkah-langkah Pembelajaran

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.    Guru membuka proses pembelajaran dengan memeriksa kehadiran, mengecek kelengkapan belajar, posisi dan tempat duduk peserta didik. (-Disiplin)

2.    Ketua kelas memimpin berdoa bersama (Membaca Al-Fatihah, do’a sebelum belajar & Asmaul Husna). (-Religiusitas)

 

Apersepsi

3.    Guru mengulas kembali pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran sebelumnya. (-Mengomunikasikan)

4.    Peserta didik mengacungkan tangannya untuk menjawab pertanyaan guru. (– Communication, -Percaya diri)

5.    Peserta didik menjawab pertanyaan guru secara bergantian setelah dipersilahkan guru. (– Communication, -Percaya diri)

 

Penyampaian tujuan dan motivasi Peserta didik

6.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan menyampaikan tujuan pembelajaran, yakni membedakan variasi pola irama, membuat kalimat saran untuk melakukan kewajiban, dan menentukan dua bilangan cacah sebagai hasil jumlah. (-Mengamati, -Disiplin)

7.    Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terlibat aktif mengikuti pembelajaran dengan kata-kata mutiara tentang keutamaan mencari ilmu. (-Mengamati, -Disiplin)

30 menit

Inti

Mengorganisasikan Peserta didik untuk siap belajar

8.      Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. (-Disiplin, -Mandiri)

9.      Peserta didik diminta mengamati video terkait pola irama “Jika Ibuku Tua Nanti”. (-Mengamati, -Critical thinking)

10.  Peserta didik diminta menyanyikan lagu dengan variasi pola irama yang berbeda yaitu cepat, lambat, dan sedang. (-Mencoba, -Collaboration)

11.  Peserta didik diminta membandingkan cepat, lambat, dan sedang variasi pola irama dalam lagu. (-Menalar, -Critical Thinking)

12.  Guru melakukan tanya jawab bersama peserta didik terkait variasi pola irama yang tepat untuk menyanyikan lagu tersebut. (–Menanya, –Communication)

13.  Guru melakukan tanya jawab terkait makna lagu yang ditampilkan. (–Menanya, –Communication)

14.  Peserta didik mencermati penjelasan guru terkait hak dan kewajiban. (– Mengamati)

15.  Guru melakukan tanya jawab bersama peserta didik terkait saran yang dapat diberikan untuk melakukan kewajiban. (–Menanya, –Communication)

 

Tahap 1. Guru menyiapkan kartu yang berisi persoalan-permasalahan dan kartu yang berisi jawabannya.

16.  Guru membagikan LKPD pada setiap kelompok. (-Disiplin)

17.  Peserta didik mencermati teks bacaan dalam LKPD. (-Mengamati, -Mengumpulkan informasi, -Collaboration, -Disiplin, -Tanggung jawab)

18.  Peserta didik mengamati penjelasan prosedur pembelajaran dengan permainan Make a Match oleh guru. (-Disiplin)

19.  Kelompok belajar Peserta didik diminta maju ke depan kelas (per 2 kelompok). (-Mandiri)

20.  Peserta didik menerima kartu permainan terkait materi. (-Disiplin)

 

Tahap 2. Setiap Peserta didik mencari dan mendapatkan sebuah kartu soal dan berusaha menjawabnya, setiap  Peserta didik  mencari  kartu  jawaban  yang  cocok  dengan  persoalannya.

21.  Peserta didik melakukan permainan sesuai prosedur yang disampaikan guru. (-Mencoba, – Collaboration, -Jujur).

 

Tahap 3. Peserta didik  yang benar  mendapat  nilai-reward,  kartu  dikumpul  lagi  dan  dikocok.

22.  Guru meluruskan dan menguatkan hasil kerja kelompok yang telah bermain. (-Mengamati, -Disiplin)

 

Tahap 4. Babak  berikutnya pembelajaran    seperti    babak    pertama.

23.  Kelompok belajar peserta didik bergantian melakukan permainan. (-Mencoba, – Collaboration, -Jujur)

 

Membimbing kegiatan belajar kelompok

24.  Peserta didik membuat kalimat saran sesuai petunjuk dalam LKPD. (-Menalar, -Creative, -Tanggung jawab)

25.  Peserta didik mencermati teks bacaan singkat terkait menentukan bilangan sebagai hasil jumlah. (-Mengamati, -Mengumpulkan informasi, -Collaboration, -Disiplin, -Tanggung jawab)

26.  Peserta didik membuktikan suatu bilangan sebagai jumlah dari dua bilangan cacah. (-Menalar, -Creative)

27.  Ketua kelompok memastikan bahwa setiap anggota memiliki tugasnya masing-masing. (– Collaboration)

28.  Peserta didik diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas. (– Communication)

29.  Peserta didik diberikan penilaian pada hasil kerja setiap kelompok. (-Menghargai prestasi)

90 menit

Penutup

Tahap 5. Penyimpulan.

30.  Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.  (-Critical Thinking,-Communication, -Percaya diri, -Demokratis)

Tahap 6. Evaluasi.

31.  Peserta didik mengerjakan lembar evaluasi. (-Menalar, Critical thinking, -Jujur)

32.  Guru memberikan penilaian. (-Menghargai prestasi)

 

Pemberian penghargaan kelompok

Tahap 7. Refleksi.

33.  Peserta didik dan kelompok diberikan apresiasi berupa pujian atau tepuk tangan yang berani menjawab pertanyaan guru, berani maju ke depan kelas dan/atau berani bertanya kepada guru. (-Menghargai prestasi)

34.  Guru meminta peserta didik melakukan refleksi kesimpulan kegiatan hari ini dengan menganalisis kelebihan dan kekurangan pembelajaran. (-Critical Thinking,-Communication, -Percaya diri, -Demokratis)

35.  Bersama-sama dengan peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. (-Critical Thinking,-Communication, -Percaya diri, -Demokratis)

36.  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. (-Disiplin)

37.  Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam. (-Religius)

20 menit

 

I.     Penilaian

No

Aspek Penilaian

Teknik

Bentuk Instrumen

Waktu

1

Sikap (Afektif)

Observasi

Lembar observasi

Saat pembelajaran berlangsung

2

Pengetahuan (Knowledge)

Tertulis

Esai

Setelah pembelajaran usai

3

Keterampilan (Psikomotor)

Unjuk kerja

Rubrik penilaian

Setelah pembelajaran usai

 

J.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.      Remedian

Peserta didik yang belum menguasai materi pada pembelajaran 1 ini diberi bimbingan dan latihan soal kembali. Diharapkan peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan. Soal latihan yang diberikan memiliki esensi yang sama dengan soal sebelumnya.

Soal Remedial

1).    Mengulas kembali materi terkait video dan teks bacaan Kewajiban dan Hakku.

2).    Menjawab soal-soal latihan yang berkaitan dengan materi pelajaran.

 

2.      Pengayaan

Pengayaan dilakukan untuk peserta didik yang sudah menguasai materi pada pembelajaran 1. Soal-soal yang diberikan merupakan latihan soal yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

1).    Meminta Peserta didik menuliskan pengalaman mendapatkan hak.

 

 

 

Bandung, 10 November 2022

Guru Pamong

 

Mahasiswa PPG

 

 

 

 

Cicih Sukarsih, S.Pd

NIP. 197206082014102001

 

 

 

 

 

Sri Wasilah, S.Pd

                    NIP. -

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SDN 054 Tikukur

 

 

 

 

 

Sri Winggowati, M.Pd

NIP. 197203112008012007


LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1 Materi Ajar

Bahasa Indonesia  (Kalimat Saran)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat saran merupakan kalimat usulan, hingga anjuran yang disampaikan kepada orang lain untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Kalimat saran biasanya menggunakan kata seperti usahakan, hendaknya, saran saya, dan lainnya.

 

Matematika (Menentukan Sebuah Bilangan Sebagai Hasil Penjumlahan)

Kita dapat menyatakan suatu bilangan sebagai hasil penjumlahan, hasil pengurangan, hasil perkalian, atau hasil pembagian dari dua bilangan cacah. Untuk mempermudah pengerjaan, gunakan lawan dari operasi hitung yang kita tentukan.  Lawan dari operasi hitung penjumlahan adalah operasi hitung pengurangan. Lawan dari operasi hitung perkalian adalah operasi hitung pembagian.

Menentukan Sebuah Bilangan Sebagai Hasil Penjumlahan

Diketahui Langkah-langkahnya :

• Pilihlah sebuah bilangan yang lebih kecil dari bilangan yang diketahui.

• Kurangilah bilangan yang diketahui dengan bilangan yang telah kitapilih.

Contoh : p + q = 280, Tentukan nilai p dan q!

Penyelesaian : Bilangan yang diketahui = 280.

• Pilih bilangan yang lebih kecil dari 280, misal p = 150.

• p = 150 q = 280, 280 - p = 280 - 150 = 130. Jadi, nilai p = 150 dan q = 130, sehingga 150 + 130 = 280.

SBdP (Variasi pola irama)

Tempo adalah cepat atau lambat seseorang dalam bernyanyi. Secara umum, tempo dalam lagu dibedakan menjadi tiga yaitu, tempo cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Lagu yang bertempo lambat dipakai untuk menyanyikan lagu bersifst syahdu atau sedih. Lagu yang bertempo sedang memiliki sifat gembira dan megah. Dan lagu yang bertempo cepat biasanya dinyanyikan dengan kesan bersemangat.


Lampiran 2 Media Pembelajaran

Video

Link : https://www.youtube.com/watch?v=NzDbzc3pVO4

Diunduh : Selasa, 08/11/2022. Pukul 21.00

Power Point Presentation

Link : https://drive.google.com/file/d/1PfAC_ZF2G5LPo8vh_JAblZb8dZaiavZZ/view?usp=share_link

Kartu permainan

 


Lampiran 3 penilaian

1. Penilaian Sikap

LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS PESERTA DIDIK

Hari/Tanggal               :

Kelas                           :

No

Nama Peserta didik

Aspek yang dinilai

Jumlah Skor

Tafsiran

Partisipasi

Tanggungjawab

B

C

K

3

2

1

0

3

2

1

0

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Persentase

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Deskriptor:

1).    Partisipasi

a)    Mampu memberikan pendapat, pertanyaan, dan komentar selama pembelajaran

b)   Memberikan tanggapan terhadap jawaban atau penjelasan dari temannya.

c)    Terlibat langsung dalam kegiatan kelompok

2).    Aspek tanggungjawab

a)    Mengumpulkan tugas tepat waktu

b)   Mengerjakan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan

c)    Mentaati peraturan yang telah ditetapkan.

Keterangan:

Diisi dengan memberi tanda ceklis (√) untuk

Poin 3 = Apabila tiga indikator dilaksanakan

Poin 2 = Hanya dua indikator yang dilaksanakan

Poin 1 = Hanya satu indikator yang dilaksanakan

Poin 0 = Tidak ada satu pun indikator yang dilaksanakan

 

Kriteria Nilai:

Baik (B) = Apabila jumlah skor perolehan antara 5 – 6

Cukup (C) = Apabila jumlah skor perolehan antara 3 – 4

Kurang (K) = Apabila jumlah skor perolehan antara 0 – 2

 

Persentase Penilaian:

π‘π‘–π‘™π‘Žπ‘– π΄π‘˜β„Žπ‘–π‘Ÿ = π‘ π‘˜π‘œπ‘Ÿ π‘¦π‘Žπ‘›π‘” π‘‘π‘–π‘π‘’π‘Ÿπ‘œπ‘™π‘’β„Ž / π‘ π‘˜π‘œπ‘Ÿ π‘–π‘‘π‘’π‘Žπ‘™ × 100%

Skor ideal = 6

2. Penilaian Kognitif

          Penilaian Kognitif dilakukan melalui tes tertulis berupa soal. Berikut untuk soal evaluasi yang digunakan untuk mengukur hasil belajar Peserta didik.

a.       Membandingkan variasi pola irama dalam lagu.

b.      Membuat kalimat saran.

c.       Membuktikan suatu bilangan sebagai jumlah dua bilangan cacah.

 

Kisi-kisi Soal Evaluasi

Bentuk soal                 : Esai

Jumlah soal                 : 5 soal

Skor/Soal                    : 20

Nilai maksimal            : 100

Skor nilai                    : π‘Ίπ’Œπ’π’“ π’šπ’‚π’π’ˆ π’…π’Šπ’‘π’†π’“π’π’π’†π’‰ / nilai π’Žπ’‚π’Œπ’”π’Šπ’Žπ’‚π’ × πŸπŸŽπŸŽ

 

No

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Nomor Soal

Skor

Bentuk Soal

1

3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

Variasi pola irama.

3.2.1 Membandingkan variasi cepat, lambat, dan sedang pola irama dalam lagu. C4

1 dan 2

20

Esai

2

3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis

Kalimat saran.

3.10.1 Membuat kalimat saran dalam teks tulis. C6

3 dan 4

20

Esai

3

3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah

Pembuktian suatu bilangan sebagai jumlah dua bilangan cacah.

3.3.1 Membuktikan suatu bilangan sebagai jumlah dua bilangan cacah. C5

5

20

Esai

Soal Evaluasi

Kerjakan soal-soal di bawah ini sesuai pemahamanmu sendiri !

1) Dalam menyanyikan lagu “Jika Ibuku Tua Nanti”, tempo yang digunakan adalah...

2) Dalam menyanyikan lagu yang memiliki kesan bersemangat, tempo yang digunakan adalah..

3) “Sayangilah ayah ibumu!”, merupakan kalimat ...

4) Buatlah satu contoh kalimat saran dalam melaksanakan kewajiban di rumah !

5) Andi ingin memiliki 12 pensil warna, kemarin dia sudah membeli 8 pensil, lalu berapakah pensil yang harus dibeli Andi sekarang?

 

Kunci Jawaban :

1) Tempo sedang.

2) Tempo cepat.

3) Kalimat saran.

4) Jawaban tergantung penilaian guru berdasarkan jawaban yang dibuat peserta didik.

5) 12 - 8 = 4,  8 + 4 = 12, Maka 4 pensil warna.

 

LEMBAR PENILAIAN EVALUASI

No

Nama Peserta didik

Jumlah Skor

Nilai Akhir

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

dst

 

 

 

Jumlah

 

 

 

Persentase

 

 

 

 

3. Penilaian Keterampilan

Evaluasi Ranah Psikomotor

Bentuk Penilaian : Rubrik Penilaian

No

Nama Peserta didik

Penguasaan Lagu

Jumlah Skor

Nilai Akhir

Skor

4

3

2

1

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

Persentase

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman penskoran:

Berikan tanda (√ ) pada kolom skor.

 

Keterangan Rubrik:

4 = Jika Peserta didik hafal semuan syair, melafalkan syair dengan tepat, irama tepat.

3 = jika 2 indikator terpenuhi

2 = jika 1 indikator terpenuhi

1 = jika Peserta didik belum mau menyanyi

Nilai Akhir = π‘Ίπ’Œπ’π’“ π’šπ’‚π’π’ˆ π’…π’Šπ’‘π’†π’“π’π’π’†π’‰ / π’”π’Œπ’π’“ π’Žπ’‚π’Œπ’”π’Šπ’Žπ’‚π’ (4) × πŸπŸŽ

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Artefak Pembelajaran_PPL I_Perangkat pembelajaran_Praktik Mengajar Terbimbing Siklus 1"

Posting Komentar